1.
Di Pasar Persaingan Sempurna
Pada
dasarnya pasar persaingan sempurna memiliki beberapa ciri - ciri umum
yaitu :
- Adanya penjual dan pembeli yang banyak
- Produk yang dijual sejenis
- Perusahaan bebas untuk masuk atau keluar
- Para pembeli dan penjual memilki informasi yang sempurna
2.
Di Pasar Monopolistik
Ciri
- cirinya yaitu :
- Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang seragam
- Produk yang dihasilkan tidak sama (homogen)
- Ada produk substitusinya
- Keluar atau masuk ke industry relatof mudah
- Harga produk tidak sama di semua pasar, tetapi berbeda - beda sesuai keinginan penjualnya.
3.
Pasar Monopsoni
Bentuk
pasar ini merupakan bentuk apasar yang dilihat dari segi permintaan
dan pembelinya. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu
bebtuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintannya
atau pembeli hanya satu perusahaan.
Contohnya
: PT KAI (Kerata Api Indonesia)
4.
Pasar Oligopoli
Adalah
suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat
beberapa penjual atau produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri
- ciri pasar ini :
- Terdapat beberapa penjual produsen yang menguasai pasar
- Barang yang di perjual - belikan dapat bersifat homogen ataupun berbeda
- Terdapat hambatan masuk bagi perusahaan diluar pasar untuk masuk kedalam pasar
- Merupakan salah satu pasar price leader yaitu penjual yang memilki pasar terbesar
Referensi
:
http://ichaa-zakiya.blogspot.com/2012/01/peranan-koperasi-diberbagai-keadaan.html
http://ahim.staff.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar